Akhirnya Datang Juga

3 May 2008

Judul di atas bukanlah bermaksud meniru sebuah acara di salah satu TV swasta. Namun barangkali itulah yang saya rasakan saat ini. Setelah beberapa tahun bermaksud membuat sebuah blog pribadi barangkali baru saat inilah keinginan tersebut dapat terwujud. Sebuah blog yang sangat jauh dari kata sempurna. Entah apa yang saya hadirkan saat ini dapat dikatakan sebuah blog. Sebab saya sendiri tidak begitu tahu apa arti sebuah blog itu sendiri.

Kukuh Prakoso dalam bukunya Nge Blog so what gitu loh blog atau weblog adalah website pribadi yang :

1. Sebagian besar terdiri atas berita (post)

2. Diperbaharui (update) secara rutin

3. Berbentuk diari

4. Dikelola menggunakan desain interaktif

5. Dibuat dan dijalankan oleh satu orang tetapi seringkali anonymously

6. Blog berisi berbagai macam topik berbeda dan mengekspresikan berbagai macam opini, tergantung pada pemikiran pemilik blog

Isi sebuah blog :

1. Biasanya terdiri atas teks (termasuk link eksternal), tetapi seringkali disertai gambar, terkadang pula suara dan video

2. Dapat dikomentari oleh pengunjung

3. Diarsipkan oleh blog dan dapat diakses secara acak

Wow begitu banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi apabila sebuah blog ingin dikatakan benar benar BLOG. Pada awalnya saya ragu ingin membuat sebuah blog, walaupun sekitar 2 tahun yang lalu saya sempat membuat blog yang hanya berisi sebuah kutipan kutipan berita tempat lain. Istilahnya yang saya lakukan saat itu hanya copy paste saja. Akhirnya blog tersebut tidak terurus dan saya sendiri akhirnya melupakan itu semua.

Sampai akhirnya teman semasa SMA saya Pande ngirim SMS yang mengajak nengok blognya di www.pandeividuality.net . Saat itulah lah terbit sebuah keinginan untuk kembali menyalurkan hobi menulis saya yang sempat lama terpendam. Tanggal 06 April 2008 Pande kembali mengajak saya untuk bergabung di BBC (Bali Blogger Community) dan menginformasikan kalo Ratna Bule Trisma (demikian kami memanggilnya) baru aja gabungan di BBC. Hal tersebut semakin menancapkan niat saya untuk mengelola sebuah Blog yang Sesungguhnya.

Saya menyadari apa yang saya lakukan ini sangat jauh dari standard sebuah Blog seperti yang saya kutip diatas. Ini hanyalah sebuah goresan pena yang sangat jauh dari kata sempurna, bahkan sebuah blog yang teramat sangat jauh dari standard jurnalistik sekalipun. Sebagai seorang newbies di dunia perblogan akhirnya saya mohon panduan serta kritikan dari senior senior saya. Sembari tentunya berharap ini bukan kehadiran saya yang pertama dan terakhir kali.


TAGS


-

Author

Follow Me